Pulkam (Pulang Kampung)


Setelah sebulan penuh melaksanakan rangkaian ibadah puasa. terasa jiwa refresh kembali, setelah berbagai aktifitas ibadah selama sebulan penuh.akhirnya Lebaran Idul Fitri 1429 H terasa sangat semarak dengan dilaksanakannya serempak di penjuru nusantara bertepatan 1 syawal 1429 H.

Semua sanak famili dari penjuru kota dan daerah berdatangan untuk berkumpul bersama keluarga dan handai taulan.tidak lengkap rasanya lebaran tanpa mudik ke kampung halaman bertemu sanak famili.kampung/desa sangat ramai oleh kembalinya para warga yang sudah lama merantau dan pelajar2 yang sedang menuntut ilmu di kota, menjadikan desa sangat semarak.

Gema takbir berkumandang dari segala penjuru desa, semua mesjid mengumandangkan Takbir, Tahmid dan Tasbih. Mengumandangkan ke Agungan Allah SWT.

Semarak idul Fitri di lengkapi dengan SILATURAHMI antar sesama keluarga dan penduduk sekitar , tak ketinggalan anak2 kecil biasanya berkumpul menunggu pembagian rejeki dari orang2 dewasa yang sudah bekerja, menjadikan momen istimewa bagi mereka.

Disaat itulah sangat terasa bagi anak2 dan bagi orang dewasa, pada saat lama tidak berjumpa saling memaafkan dan melepas rindu setelah sekian lama tidak ketemu .

Disetiap rumah disajikan menu khas daerah, ada ayam goreng kecap, buras, dan gogos emmmmmm. menambah kental suasa kampung.belum lagi di daerah lagi musim jagung.. karena sudah bosan makan buras ramai2 lah membuat sop jagung memberikan rasa tersendiri dalam acara kumpul2 keluarga.

Bagi pada petani sangat bersyukur karena setelah lebaran hujan sangat deras setelah sebulan penuh panas tanpa air, sawah2 kekeringan, namun sungguh kuasa Allah SWT, hujan turun mengguyur bumi , sawah ladang petani, dan petani kembali terseyum lebar. akhirnya yang tanam kacang saat ini bisa mengaliri air pada tanaman kacang nya.

Silatuhami dengan sanak famili terasa sangat singkat walau libur nya cukup panjang, masih banyak kenangan cerita2 yang ingin dibagi namun mengharuskan mudik kembali ke kota, mengingat masa libur sdh habis.kembali ke kota membawa sejuta kenangan ,cerita yang indah2 dan lucu2.bawa oleh2 pula dari nenek buat sang cucu tersayang.

Minal Aidzin Walfaidzin

Mohon Maaf lahir batin

About faisal

lihat.wordpress.com
This entry was posted in santai. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s