Pertolongan Pertama Saat Si Kecil Demam


Pagi ini 1 januari 2009, hujan di kota makassar sangat deras, khususnya di wilayah tempat tinggal saya di sudiang.anak saya Ahmad faqih (1 tahun 4 bulan) tiba2 panas, suhu tubuhnya tinggi, saya coba ambil termometernya menunjukkan 39 Derajat Celcius. lumayan tinggi bila dibanding kondisinya yang biasanya cuman 36 sampai 37 derajat.

saya coba cari2 obat di kotak obat dan ketemu obat nya yg dulu contrexin , sy baca petunjuknya ternyata bisa juga untuk demam. sya coba minumkan.untung ada internet,  sy coba ke meja komputer sy coba browsing2 cari artikel mengenai pertolongan pertama pada batita yang demam.

saya coba ambilkan handuk kecil kemudian saya kompres dengan air hangat.kami sedikit panik karena terlalu sering mendengar dan melihat biasanya anak2 jika suhu badan sudah sangat tinggi bisa menyebabkan kejang2. itu yang kami  hindari.setelah beberapa saat kemudian alhamdulillah suhu badannya perlahan2 menurut hingga mencapai 37 derajat. alhamdulillah kami sangat lega. dan sebagai masukan buat teman2 yg suatu saat mendapat hal serupa berikut tipsnya :

1. jangan bungkus si kecil dengan selimut, pakaiakan ia dengan pakaian agak longgar

2.biasanya ada yg menganjurkan menggunakan kopi di masukkan ke mulutnya, menurut saya itu akan menghambat pernafasannya.

3.usahakan pertolongan pertama kompress dengan air hangat

4.coba cari2 obat yang mungkin masih tersimpan (perlu ada obat p3k  di rumah)

5. sediakan selalu termometer di rumah

6. jika pertolongan pertama sudah di laksanakan dan belum turun usahakan segera kontak dokter kenalan , atau bawa ke puskesmas /rumah sakit terdekat
7. Jika ada apotik dekat rumah, cepat beli sanmol sejenis paracetamol syrup, sangat manjur untuk menurunkan panas anak.
8. untuk obat tradisional bisa menggunakan bawang merah yg di iris2 kecil kemudian di campur minyak kelapa. lalu di oleskan ke ubun2 si kecil.

About faisal

lihat.wordpress.com
This entry was posted in santai. Bookmark the permalink.

One Response to Pertolongan Pertama Saat Si Kecil Demam

  1. ahmad faqih says:

    makasih Abi…..
    buat P3pada demamnya Faqih
    Tapi…ini cuman demam buat saya pintar nanti Abi. Saya kan sudah pintar bicara dikit2
    hehehehe

Leave a Reply

